Wali Nanggroe Minta Pemerintah Daerah Beri Perhatian Khusus Untuk Dayah

Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud Al-Haytar meminta pemerintah Aceh dan Pemerintah kabupaten/kota di seluruh Aceh untuk memberikan perhatian besar terhadap dayah-dayah atau pesantren yang ada diseluruh Aceh. Pasalnya dayahlah yang telah membentuk peradaban Aceh yang Islami sejak masa lalu.

Hal demikian dikatakan Wali Nanggroe Aceh pada maulid akbar dan peusijuk Wali Nanggroe Aceh di Kabupaten Aceh Besar, Minggu (19/01/2014).

Malik menyebutkan di era dahulu dayah tidak saja menjadi pusat pendidikan keagamaan tetapi juga sebagai pusat pengembangan perekonomian rakyat, sosial dan politik, serta ruang bagi masyarakat untuk mengkaji berbagai manuskrip  peradaban  Aceh.

Malik mengatakan dayahlah yang telah mendidik rakyat Aceh pada masa lalu, sehingga mereka menjadi ulama, raja, panglima perang, ahli pertanian, ahli kedokteran bahkan ahli politik sehingga pada abad ke 16 Aceh pernah mengirim seorang duta besar ke Belanda.

“Bagi rakyat Aceh Dayah sangat besar perannya, tidak hanya bidang agama, tetapi juga sosial dan ekonomi, maka karena itu saya berharap pemerintah untuk memberikan perhatian yang sunggung-sunggu kepada daya”ujarnya.


Malik menambahkan Dayah sudah berdiri di Aceh sejak tahun 800 Masehi, ditandai dengan beridirinya dayah Cot kala dan Dayah Kana’an di  Aceh Besar, yang didirikan oleh Syeh Abdul Kanan berdarah Palestina.

Pada kesempatan itu Malik juga mengajak pemerintah Aceh bersama-sama rakyat Aceh harus menulis dan menggali kembali kebudayaan Aceh yang selama ini banyak ditemukan kekeliruan, sehingga jatidiri Aceh akan kembali seperti semula.

Sementara itu terkait dengan pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad Saw, Wali Nanggroe mengajak pemimpin dan calon pemimpin atau wakil rakyat di Aceh untuk meneladani prilaku rasulullah saw, diantaranya adalah mengutamakan keselamatan umatnya dari keselamatan dirinya sendiri. Malek mengatakan Rasulullah tidak pernah melakukan diskriminasi  dan kekerasan terhadap musuh-musuhnya.[portal.radioantero.com]

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas komentar nya