Sikula-Aceh (Jaringan Sekolah Aceh)



Lembaga Sikula-Aceh.org  yang disingkat dengan (LSA) didirikan pada pertengahan tahun 2011 oleh beberapa pemuda yang terinspirasi dari dasar proses dan kaedah pendidikan yaitu melalui pendidikan formal dan non formal diantaranya keteladanan, latihan atau kebiasaan, melalui mu’izah (pengajaran, seruan atau nasehat, cerita-cerita yang memberi pengajaran dan arahan melalui dialog, dan pengawasan yang berbuahkan ilmu pengetahuan.

Dimana Ilmu merupakan suatu hal yang sangat penting untuk ditumbuh kembangkan bagi kehidupan insan. Terutama manusia memerlukan ilmu untuk memudahkan didalam berbagai hubungan, baik hubungan vertikal dengan Sang Pencipta maupun hubungan  horizontal sesama ciptaan. Sabagai makhluk yang paling sempurna dimuka bumi ini, kita di haruskan untuk menuntut berbagai disiplin ilmu agar kita tidak terpojok karena kurangnya ilmu pengetahuan. Apalagi di dalam era cyber ini, kemajuan di segala bidang seolah-olah tidak dapat ditahan, sesuai dengan tuntutan ilmu pengetahuan yang terus berkembang, kemajuan teknologi yang sangat pesat disegala penjuru dunia yang pada intinya adalah untuk mewujudkan semua harapan-harapan manusia modern dalam bentuk yang lebih mudah dan simple, dimana semua perkembangan tersebut pada dasarnya karena ilmu.

Dan agar pencapaian cita-cita ke arah insan yang berilmu pengetahuan yang bersifat inovatif, kreatif, dan efisien dikemas dalam berbagai media dan wadah atau lembaga.  Sehingga berbagai usaha telah dilakukan terutama oleh pemerintah,  berbagai program terus diluncurkan, dua diantaranya  pelayanan internet kecamatan dan desa pintar supaya dapat saling berbagi ilmu dan kreativitas pada penggunaan  teknologi informasi dan komunikasi.

Atas dasar inilah ”Lembaga Sikula-Aceh.org“ hadir untuk memberi sedikit  inovasi yang dapat membawa dampak pada generasi dan usaha ditengah-tengah gemilaunya perkembangan dewasa ini. Kita berusaha dengan segenap kemampuan yang terbatas untuk menawarkan fenomena lain diantara beragam keinginan serta meanset di lapisan masyarakat. Pendayagunaan segala potensi yang berazas saling menghargai dan saling menguntungkan adalah konsep kerja lembaga ini.

Untuk  itu, kita memandang perlu untuk mengembangkan  sarana jaringan sekolah berbasis web di Aceh agar dapat mengoptimalisasi pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan dengan memaksimalkan content  website sekolah sebagai media peningkatan mutu dan kualitas pendidikan. Dan berusaha mencari dan memberi informasi serta mengadvokasi yang mengarah pada nilai-nilai pendidikan.  Dengan harapan ” Lembaga Sikula-Aceh.org “ dapat menjadi mitra pendidikan dan dunia usaha juga sosial masyarakat dalam memamfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Amiin….

Sumber: www.sikula-aceh.org