Wali Kota Lhokseumawe buka pameran seminar internasional

Pada kesempatan tersebut, Suaidi juga menjelaskan sedikit tentang sejarah kerajaan Samudera Pasai atau yang lebih dikenal dengan sebutan Samudra Pase.

WALIKOTA Lhokseumawe, Suaidi Yahya, Kamis malam tadi membuka pameran dalam rangka Seminar Islam Internasional Samudra Pase yang bertajuk “Islam, Pemerintah dan Masyarakat: Mengolaborasi Konsep dan Metode Implementasi Syariat Islam dan Kearifan Lokal di Aceh” yang diselenggarakan oleh pengurus Mesjid Agung Islamic Center di halaman mesjid tersebut, Kamis, 14 Maret 2013.
Dalam sambutannya, Wali Kota Lhokseumawe memberi apresiasi kepada panitia penyelenggara. “Terimakasih kepada semua pihak khususnya kepada panitia, yang telah berkerja secara maksimal, sponsor dan para peserta pameran yang telah memberi andil besar dalam terselenggarakannya kegiatan seminar islam internasional ini,” ujar Suadi Yahya.


Pada kesempatan tersebut, Suaidi juga menjelaskan sedikit tentang sejarah kerajaan Samudera Pasai atau yang lebih dikenal dengan sebutan Samudra Pase. Ia mengatakan Samudara Pase merupakan kerajaan pertama di Indonesia dan merupakan pusat perkembangan studi agama islam.
“Samudra Pase juga memegang peranan besar dan sentral yaitu menjadi pusat pengembangan islam,” katanya.

Dalam sambutan itu, ia juga berharap melalui pameran tersebut dapat menambah wawasan dan meningkatkan pengetahuan tentang kesejarahan dan nilai-nilai budaya Samudra Pase dalam rangka meningkatkan kesadaran secara masyarakat.
 
"Guna membangun karakter bangsa serta mempertangguh jati diri serta interdrasi bangsa,” katanya.[] ihn [sumber:atjehpost.com]